PAKET WISATA BALI TERBARU: Rekreasi Ekowisata Mangrove di Bali

Breaking News

Friday, 19 February 2016

Rekreasi Ekowisata Mangrove di Bali


Wisata Pelestarian Hutan Bakau (Mangrove), Pulau Dewata Bali begitu dikenal dengan Objek Wisata Bali seperti pantai dengan eksotisme yang tak ada habisnya untuk di bahas dan dinikmati keindahannya tentunya bersama Paket Liburan Murah ke Bali. 

Hutan Mangrove di Bali (Hutan Bakau)

Kali ini Paket Wisata Bali Terbaru akan membahas tempat wisata yang tak kalah istimewa yang dimiliki Pulau Seribu Pura ini. Hutan Mangrove atau hutan bakau, yang biasanya terdapat di daerah pinggir garis pantai bermanfaat untuk menahan gelombang air laut yang masuk ke daratan. Dengan adanya hutan bakau, maka abrasi atau pengikisan tanah pinggir pantai dapat dikurangi. Hutan yang rimbun dan terjaga kelestariannya ini juga dapat mencegah polusi di tengah keramaian jalur padat bundaran Taman Ngurah Rai.

hutan-mangrove-bali

Kawasan Wisata Pelestarian Hutan Bakau di Bali atau MIC (Mangrove Information Centre ) ini, terletak di Jalan By Pass Ngurah Rai Km. 21, Suwung Kauh, Denpasar. Dari Bandara Ngurah Rai, cukup arahkan mobil ke arah Sanur, tepatnya di Mangrove Information Center. Di sini terdapat papan penunjuk arah ke Mangrove Center. Posisinya di sebelah kanan jalan jika dari arah Bandara Ngurah Rai. Kawasan hutan mangrove tersebut seakan tersembunyi dari kepadatan daerah selatan Bali, terutama kawasan Bandara Ngurah Rai. Di tengah kebisingan itu, kawasan hijau seakan oase. Kita jarang bisa menikmati/ melihat hutan mangrove apalagi masuk kekawasan hutan, karena hutan bakau identik dengan kawasan rawa-rawa yang berlumpur, tapi dikawasan ini, semua sudah ditata rapi dengan jembatan kayu, masuk ke kawasan hutan sehingga anda bisa menikmati keindahan hutan mangrove di sini. 

hutan-mangrove-bakau-bali

Proyek pengembangan pengelolaan hutan mangrove dibantu oleh Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam melaksanakan proyek pada tanggal 4 November 1992 sampai dengan tahun 1999.Sedangkan MANGROVE INFORMATION CENTRE (MIC) dibangun pada tahun 2001 dan diresmikan pada tahun 2003 oleh Menteri Kehutanan Republik Indonesia dan Japan International Cooperation Agency (JICA).

Fungsi Mangrove Information Centre (MIC) ini selain untuk mereduksi gelombang lautan juga mencegah abrasi pantai,juga sebagai laboratorium alam untuk penelitian dan lahan konservasi bagi berbagai jenis mangrove. Menjadi tempat rekreasi ekowisata dengan tujuan untuk melaksanakan investasi guna mendukung kegiatan reboisasi dan juga pengelolaan hutan mangrove secara berkelanjutan.

Tempat wisata hutan Mangrove yang memiliki luas sekitar 1300 Ha ini memiliki jalur trekking sepanjang 2 km, dan butuh waktu sekitar 1 jam untuk mengelilinginya dengan menyusuri jembatan kayu. Tapi ketika mencapai ujung jembatan Anda akan menikmati pemandangan terbagus dapat anda lihat. Pemandangan jalan Tol dan birunya laut teluk Benoa sangat jelas terlihat dari ujung jembatan hutan bakau.

Di tengah hutan disediakan tower untuk bisa melihat seluruh kawasan hutan nan hijau.

hutan-mangrove-tower-bali

mangrove-bali

Di sini Anda juga bisa melihat berbagai jenis mangrove dan beberapa jenis burung/hewan langka di habitatnya aslinya. Anda bisa berwisata sambil belajar segala hal yang berhubungan dengan mangrove. Di kawasan seluas 100 hektar tersebut Anda bisa melihat setidaknya 18 spesies mangrove, antara lain : Sonneratia alba, Duabanga moluccana, Aegiceras corniiculatum, dan Rhizophora mucronata.

Cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp. 5000,00 Anda dapat menikmati ekowisata yang berbeda ini di Pulau Dewata Bali. Tempat wisata ini sangat kami rekomendasikan untuk Anda sekeluarga dan anak-anak sekolah. Tempat ini dibuka untuk para pengunjung setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00 WITA.

Selain menjadi destinasi wisata, hutan mangrove ini juga merupakan lokasi favorit bagi pasangan yang ingin melakukan foto pre wedding. Tidak hanya masyarakat lokal Bali yang melakukan foto pre wedding di sini, calon pengantin dari penjuru kota dan negara lain juga memilih hutan bakau di Bali untuk lokasi foto pre wedding. 

Ada beberapa hutan mangrove di Bali yang tersebar di beberapa lokasi pada areal seluas 3067,71 Ha, terdiri dari 2177,5 Ha berada dalam kawasan hutan dan 890,21 Ha di luar kawasan hutan. Tiga lokasi terluas dimana terdapat hutan mangrove adalah Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai (1373,5 Ha), Nusa Lembongan (202 Ha), dan Taman Nasional Bali Barat (602 Ha).Memasuki kawasan wisata hutan mangrove MIC ini, Anda akan disajikan pemandangan hutan bakau yang indah. Dimana gabungan  rimbunan hutan berwarna hijau dan sungai berwarna coklat. 

Tips:
  • Pagi atau sore hari adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi wisata hutan mangrove. 
  • Cara terbaik ke lokasi ini adalah menggunakan jasa sewa mobil di Bali dengan supir yang sudah mengenal daerah Bali dengan baik, demi menghemat waktu berlibur anda di Bali kami pun senantiasa menawarkan Jasa Sewa Mobil Murah dan supir sebagai pemandu wisata anda selama di Bali, dengan menggunakan Jasa Rental Mobil kami anda tidak perlu memikirkan akan cara mencari lokasi ke tempat yang mempesona ini, dan Objek Wisata Bali lainnya, sudah tentu dengan penawaran harga yang lebih hemat serta pelayanan supir yang ramah, bersahabat dan sangat dipercaya. 
Demikian informasi ini kami rangkum untuk anda semoga bermanfaat, rencanakan segera agenda wisata anda ke Bali bersama kami, nikmati segala kemudahan, kenyamanan berwisata melalui Paket Wisata Bali Terbaru yang telah kami rangkum special untuk anda seperti Paket Wisata Bali 3 Hari 2 MalamPaket Wisata Bali 4 Hari 3 MalamPaket Rombongan dan grup murah ke Bali, Pemesanan Tiket Pesawat dan lain sebagainya, maka bisa menghubungi pihak kami di : 
  • Farid (+62 821 2005 6729) / email : fareedfast@gmail.com
  • Mita (+62 8787 83 888 37) / email : miftafast@gmail.com
Terima Kasih kami ucapkan dan selamat berwisata :)  

No comments:

Post a Comment


Jobsmag.inIndian Education BlogThingsGuide
Designed By Blogger Templates